Selamat datang di Laman Topik Hari Ini

3 Pelajar SMA Temukan Energi Listrik Alternatif Dari Limbah Ikan

Senin, Oktober 01, 20120 komentar

Lamongan - Baterai merupakan sumber energi listrik yang seringkali di gunakan masyarakat untuk menjalankan peralatan elektronik yang sangat efektif dan efesien. Di lamongan jawa timur, tiga pelajar Sekolah Menengah Atas, menciptakan sebuah alat inovasi dan teknologi yakni air laut di manfaatkan untuk baterai cair yang alami. Namun, energi listrik ini mulanya dari ikan pindang yang sudah di asinkan, (01/10/12).

Naiknya tarif dasar listrik, membuat tiga pelajar SMA Muhammdiyah 1 Lamongan menciptakan sebuah inovasi dan teknologi, yakni air laut di manfaatkan untuk baterai cait yang alami. Ketiga pelajar kelas XII ini yakni Isnaini, Yusuf Alwi, dan Zulfa.

Para pelajar ini menyebutnya Nepobia eL Cell atau alat innovasi teknologi yang telah mempertimbangkan berbagai aspek yaitu aspek kegunaan dan lingkungan.

Ketiga pelajar ini memanfaatkan ikan pindang, sebagai proses awal sumber energi listrik. mulanya ikan pindang yang telah di asinkan di rebus dengan air laut kurang lebih satu liter, selama 15 menit. Satu liter air laut menghasilkan 35 gram garam. Proses awal ini hanya di ambil air rebusan saja.

Air hasil rebusan kemudian di masukkan ke dalam wadah yang telah di rangkai kabel anoda dan katoda di tambah lempengen tembaga dan seng. Sementara sebuah kabel di hubungkan sebagai jembatan garam.

Inovasi dan teknologi ini benar efektif dan efesien. Hasil percobaan 2 cell nepobia 1,7 volt, kuat arus lemah, dapat di gunakan untuk menyalakan kalkulator, ungkap Isnaini salah satu siswi.

Mustafit, Kepala sekolah SMA Muhammdiyah 1 lamongan berharap, inovasi dan teknologi anak didiknya kedepan dapat di manfaatkan masyarakat luas sebagai energi listrik alternatif .

Selain dapat menyalakan kalkulator, 12 cell nepobia 8,5 vol, kuat arus lemah, mampu menyalakan 1 buah lampu led sebesar 3 volt dengan cahaya cukup terang. 24 cell nepobia di rangkai seri besar voltase 14,5 volt, mampu menyelakan sebuah lampu led sebesar 3 volt dengan cahaya terang. sementara 24 cell nepobia dirangkai seri pararel kuat, arus cukup, mampu menyalakan sebuah lampu led sebesar 3 volt dengan cahaya terang. percobaan ini dengan 1,5 liter air. (ahp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Topik Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger