Selamat datang di Laman Topik Hari Ini

Seni Karawitan Yang Hampir Punah

Sabtu, September 29, 20120 komentar

Bojonegoro - Era moderen, membuat budaya jawa asli daerah mulai terpinggirkan. banyak anak-anak yang tak lagi mengenal budaya asli warisan leluhur. Namun, tidak demikian dengan anak-anak murid SDN Kunci, Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, yang telah mahir memainkan alat musik karawitan. berikut liputan selengkapnya.

Meski masih anak-anak, para siswa di SDN Kunci Dander telah mahir memainkan alat musik tradisional khas jawa. Mulai dari kenong, gendang, bonang barong, bonang penerus, kendang, demung, saron, hingga gong. alat alat musik yang mereka mainkan hanya mempelajari sejak tiga bulan terakhir. Musik karawitan ini di kombinasi dengan nyanyian jawa, seperti geding lagu lagu jawa.

Mereka mengaku senang bisa memainkan alat musik warisan leluhur. Untuk bisa memainkan alat musik tersebut, mereka harus berlatih dua kali setiap minggunya. Dalam pementasan seni di bojonegoro, mereka di dampingi para wali murid.

Dalam seni karawitan tercipta kondisi kegotong royongan, saling menunggu, saling menghargai antara instrumen satu dengan yang lainnya. contohnya, jika gong yang dipukul agak terlambat dari ketukannya, maka pemain yang memegang instrumen lainnya akan tetap menunggu, sehingga pengrawit yang bertanggung jawab atas instrumen gong memiliki tanggung jawab yang besar untuk tidak melakukan kesalahan, agar tidak membuat pengrawit yang lain menunggu.
Siti Kartini salah satu Pendamping mengaku sulit untuk mengajarkan alat musik tersebut. Kesulitan terbesar pada alat musik kendang. terlebih anak-anak baru pertama kali melihat alat musik karawitan. Namun, demi untuk mempertahan budaya asli tetap sabar untuk mengajarkan alat musik tradisional pada anak-anak.

Seni karawitan ini secara tidak langsung kebudayaan bangsa utamanya senimusik tradisional seperti gamelan, tidak terancam punah, di era moderenisasi ini. (ahp)
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Topik Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger