Selamat datang di Laman Topik Hari Ini

95 Sinden Ikuti Ritual Siraman Di Komplkes Pemandian

Rabu, September 26, 20120 komentar



Tuban - Ritual tahunan untuk pelaku seni Langen Tayub di Tuban kembali digelar, Rabu (25/9/2012). Seperti tahun-tahun sebelumnya, para waranggono dan pelaku seni tradisional khas Kota Tuwak mengikuti setiap ritual yang digelar di kompleks Pemandian Bektiharjo Tuban.

"Untuk tahun ini, terhitung ada 95 orang Sinder atau Waranggono yang mengikuti siraman dan wisuda yang digelar di pemandian Bektiharjo," kata Suwoto, pemimpin upacara ritual yang disaksikan ratusan warga tersebut.

Tak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya, ritual dimulai dengan arak-arakan para waranggono dan pelaku seni Langen Tayub dengan membawa sejumlah sasajen yang telah disiapkan.

Mereka berjalan kaki beriringan dari luar kompleks pemandian yang berada di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Tuban menuju ke dalam lokasi acara.

Sesampai di dalam, satu persatu pelaku seni itu mengikuti ritual yang dipimpin salah satu sesepuh pemandian. Selanjutnya, mereka berjalan ke area sungai pemandian untuk bergantian dibasuh wajahnya dan meminum air dari dalam sumur yang berada di tengah kolam aliran air gunung tersebut.

Turut hadir dalam acara ini adalah Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein beserta para sesepuh seni Kabupaten Tuban. Wabup berharap, tradisi peninggalan leluhur di Tuban ini tetap terjaga dan terus dilestarikan oleh para pelaku seni yang ada.

"Harapan kami, seni dan budaya di Tuban tetap mengakar. Semua tradisi-tradisi peninggalan leluhur harus sama-sama kita jaga dan terus kita lestarikan bersama," ujar Wabup Noor Nahar dalam sambutannya saat membuka acara tahunan ini.

Bagi para pelaku seni sendiri, ritual siraman dan wisuda ini merupakan salah satu hal penting bagi mereka. Beberapa diantaranya mengaku bahwa dengan mengikuti ritual tahunan ini bisa menambah bagusnya mental dan keyakinan di bidang seni yang mereka jalani.

"Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari acara ini. Selain berharap berkah dengan terus nguri-nguri kabudayan, mental kita juga semakin kuat setiap kali mengikuti acara-acara seperti ini," ujar Indah, sinder berusia 27 tahun yang ikut dalam siraman tersebut.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Topik Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger