Selamat datang di Laman Topik Hari Ini

Beternak Kambing Etawa Menjanjikan Peluang Bisnis

Senin, Maret 07, 20110 komentar

Lamongan - Di penangkaran kambing jenis etawa inilah, Haji Erfan warga Desa Made Kelurahan Sukomulyo Lamongan jawa timur, sukses mengambangkan bisnis kambing etawanya.

Beternak kambing etawa sudah dilakoninya sejak enam bulan terakhir. Kambing ini, memiliki badan besar dan telinga lebih panjang dibanding kambing biasa.

Biasanya, kambing berciri khas memiliki warna tubuh hitam kepala putih ini, sebagai perlombaan kontes kambing etawa yang telah marak di jawa tengah.

Selain untuk di perjual belikan, pemilik peternakan kambing etawa ini memanfaatkan susu kambingnya untuk di jual, karena diyakini memiliki khasiat manjur bebas kolesterol sebagai penyembuh penyakit dalam. Seperti penyakit liver, paru paru, ginjal, dan gangguan pernafasan.

Untuk menghasilkan susu yang sempurna, setiap hari kambing diberi makan dedaunan hijau, bayam kering serta ampas tahu.

Masih terbatasnya para peternak kambing etawa, membuat susu etawa cukup mahal. Tak khayal, harga per liter susu kambing etawapun bisa mencapi 300 ribu rupiah, tergantung kualitas susu.

Sementara itu, harga kambing etawa bervariastif. Mulai dari 1,5 juta rupiah hingga 100 juta rupiah per ekor. Tergantung bentuk tubuh, bentuk telinga dan bentuk hidung. (ahp)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Topik Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger