Selamat datang di Laman Topik Hari Ini

Lukisan Limbah Pelepah Pisang Hasilkan Karya 3D

Selasa, Maret 08, 20111komentar

Lamongan - Unik dan bernilai seni tinggi, inilah yang terlihat pada lukisan limbah pelepah pisang tiga dimensi, hasil karya, Jemy, seniman asal Desa Rangge Kelurahan Sukomulyo Lamongan Jawa Timur.

Untuk membuat sebuah lukisan pelepah pisang tidaklah terlalu rumit. Bahan dasar pelepah pisang yang didapatnya harus dalam keadaan busuk dan telah bercampur dengan tanah liat. pelepah pisang yang telah di pootong hingga seperti serbuk, kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari.

Dengan ketelatenan jari jari kreatifnya, sebuah lukisan bertemakan keindahan mulai dikerjakannya. Hanya menggunakan alat sendok makan, batang pohon dibentuk sedemikian rupa, dengan bahan serbuk pelepah pisang yang telah dicampuri dengan lem khusus.

Membuat dedaunan pohon juga dilakukan dengan jari tangan. Namun, membutuhkan ketelatenan dan ketenangan. Jika lukisan telah terbentuk, pelukisan hanya membakar bagian tertentu untuk menghasilkan warna hitam kecoklatan.

Untuk menghasilkan sebuah lukisan, dapat membutuhkan waktu empat sampai lima bulan. Bahkan, jika hati sang pelukis tidak sesuai, menyelesaikan sebuah lukisan berukuran 180 meter persegi, dapat diselesaikannya hingga satu tahun.

Jemy, pelukis dari limbah pelepah pisang mengaku, menggunakan media pelepah pisang sangatlah jarang dilakukan oleh para seniman. Terlebih bahan dasar mudah di dapat.

Lukisan limbah pelepah pisang tiga dimensi, disebutnya karena memiliki keindahan dari bahan dasarnya. Bahkan, jika lukisannya berumur lebih dari tiga tahun, bahan limbah pelepah pisang terlihat indah berkilau saat terkena pantulan sinar matahari.

Seni lukis yang digeluti 12 tahun silam, sebuah karya lukisannya dihargai muali dari 5 juta hingga ratusan juta rupiah. Tergantung besar lukisan dan tingkat kesulitannya. (ahp)


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
5 April 2011 pukul 10.28

kreatif,,,,,,, bagus,,,

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Topik Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger