Selamat datang di Laman Topik Hari Ini

Nikmatnya Ikan Jaer Tunu Sambal Trasi

Senin, Februari 28, 20110 komentar

Lamongan - Di sebuah warung makan sederhana di Jalan Kusuma Bangsa Kota Lamongan Jawa Timur inilah, banyak di jumpai menu ikan jaer tunu. Jaer merupakan sebutan warga Lamongan yang berarti ikan tawar mujair. Sedangkan tunu adalah bahasa jawa yang artinya baker.

Sekilas, jaer tunu hanya sebuah sajian biasa. Namun, kenikmatan ikan jaer tunu dapat dirasakan dengan olahan lengkap bumbu jawa.

Sebelum menjalani proses tunu, ikan jaer terlebih dahulu di rendam hingga dua kali dengan bumbu rempah, untuk menghilangkan bau amis. Menjalani proses tunupun, ikan jaer ini diolesi bumbu khusus sebagai penyedap rasa dan menambah rasa gurih.

Sebelum dihidangkan, sajian jaer tunu belum lengkap bila tidak di dampingi sambal. Sambal ini disajikan dengan olahan rempah, di campur dengan bumbu trasi.

Jaer tunu dihidangkan secara sederhana diatas cobek kecil, untuk melambangkan sajian khas jawa. Sajian jaer tunu menjadi nikmat, karena daging ikan yang empuk dan rasa yang gurih. Tak kalah jauh dengan ikan bakar gurami sekalipun, Ujar Peny Yuliani, pemilik warung.

Bila anda ingin mencicipinya, anda hanya merogoh kocek Rp600.000/ porsi. Terlebih, ikan jaer tunu merupakan sajian bebas kolesterol. (Ahp)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Topik Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger