Selamat datang di Laman Topik Hari Ini

Sedekah Bumi: Puluhan Tumpeng Di Arak Menuju Telaga Keramat

Jumat, September 28, 20121komentar

Lamongan - Ratusan warga Dusun Tuwiri Desa Tambak rigadung Kecamatan Tikung Lamongan, Jum’at Siang (28/09/12) menggelar sedekah bumi yang di gelar di telaga setempat. Selain mengarak puluhan tumpeng ke telaga, di penghujung sedekah bumi di gelar Udik Udik’an atau melemparkan uang receh yang di perebutkan anak anak,,

Tradisi sedekah bumi ini di awali dengan mengarak sekitar 30 puluh tumpeng ke telaga desa setempat, yang berjarak sekitar satu kilo.

Uniknya, isi tumpeng seluruh warga harus sama. Seperti ayam panggang hingga satu tandan buah pisang. Bahkan, bentuk tumpeng yang terbuat dari bambupun harus sama. Hal ini menunjukkan kebersamaan atas keberhasilan panen tahun ini.

Seluruh warga Dusun Tuwiri Desa Tambakrigadung Kecamatan Tikung Lamongan, baik tua maupun muda, ikut dalam sedekah bumi ini.

Usai seluruh tumpeng terkumpul di telaga, warga kemudian memanjaatkan do’a yang di pimpin tokoh agama setempat. Setelahnya, warga menjalani makan bersama dari tumpeng yang telah di sediakan.

Muntalin ketua panitia mengatakan, di gelarnya sedekah bumi adalah salah satu wujud rasa syukur para warga setempat atas keberhasilan panen tahun ini. Warga juga berharap agar musim kemarau ini segera cepat berakhir sehingga para petani bisa bercock taman kembali, Lanjut Mutalin.

Di penghujung sedekah bumi, tradisi Udik Udikkan-pun di gelar. Udik Udikkan merupakan membagi uang receh yang telah terkumpul dari warga setempat. Caranya yakni melempar uang receh untuk di perebutkan anak anak. Udik udikkan ini merupakan peningglan nenek moyang dan harus di lestarikan,,

Selain mengarak puluhan tumpeng dan udik udikan, tradisi sedekah bumi akan di gelar wayang kulit semalam suntuk di seputaran telaga setempat.(ahp)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

4 Maret 2022 pukul 19.53

Harrah's Resort Atlantic City - MapyRO
Search real-time driving 사천 출장마사지 directions to Harrah's Resort Atlantic City, 777 거제 출장마사지 Harrahs 하남 출장안마 Blvd, 777 Harrahs Blvd. Atlantic 충청북도 출장마사지 City, NJ 여주 출장마사지 08401.

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Topik Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger