Selamat datang di Laman Topik Hari Ini

KA Barang Nyaris Ludes Terbakar di Bojonegoro

Kamis, Oktober 21, 20100 komentar

BOJONEGORO - Sebuah gerbong Kereta Api (KA) barang 52 jurusan Jakarta-Surabaya nyaris hangus terbakar saat melintas di Desa Prayungan, Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro pukul 10.45 WIB, Kamis (21/10/2010).

Diduga penyebab insiden kereta berloko CC 20327 ini karena kampas kerusakan pada kampas rem. Beruntung api yang menjilat-jilat di bagian bawah gerbong kelima dari delapan rangkaian itu segera bisa dipadamkan sehingga tidak sampai menjalar ke gerbong.

Informasi yang dihimpun, bau gosong sudah menyengat sejak kereta melaju dari
Semarang, Jawa Tengah. Dan bau terbakar itu makin tercium saat kereta melintas di Cepu ketika berpapasan dengan KA Anggrek dari arah Surabaya menuju Jakarta.

"Sejak dari Semarang sudah tercium bau kebakaran. Dan bau tersebut semakin
menyengat ketika kereta melintas di Cepu," kata Agus, salah satu penumpang
yang mengawal barang paketan dari PT Herona Ekspres, Jakarta.

Sesampai di Desa Desa Prayungan, Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro, KA barang yang dimasinisi Sudarman (38) warga Jalan Lamongan, Surabaya langsung berhenti setelah mendengar teriakan warga.

"Mendengar banyak warga berteriak kebakaran dan melihat banyak kepulan asap
dari gerbong kereta. Begitu masinis menghentikan kereta, semua orang yang ada di dalam kereta langsung turun," kata Joko, warga Prayungan.

Setelah berhenti, terlihat bahwa kebakaran terjadi di gerbong nomor B 09505.
Muaranya adalah roda belakang kanan gerbong. "Setelah berhenti, masinis dan semua kru KA berusaha memadamkan api dengan air bercampur lumpur yang diambil dari sawah," ungkap Joko.

Satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan. KA barang kemudian melanjutkan ke Stasiun Sumberrejo yang berjarak sekitar 3 kilometer untuk dilakukan perbaikan. "Sekitar 1 jam KA berhenti untuk memadamkan api dan pendinginan," tambahnya.

Kapolsek Sumberrejo AKP Fandik tidak bersedia berkomentar banyak. Ia hanya membenarkan peristiwa tersebut dan saat ini kereta telah dibawa ke stasiun Sumberrejo untuk dilakukan perbaikan. (ahp)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Topik Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger