Selamat datang di Laman Topik Hari Ini

Penghitungan Ulang Pemilukada Lamongan di Mulai Hari Ini

Senin, Juli 05, 20100 komentar

Lamongan - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan, Senin pagi melaksanakan perhitungan ulang hasil pemilu kepala daerah. Perhitungan ulang tersebut sesuai dengan amar putusan mahkamah Konstitusi yang memenangkan gugatan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 4, Suhandoyo dan Kartika Hidayati (SEHATI). Pelaksanaan hitung ulang dilaksanakan selama empat hari di gedung olahraga setempat.


Perhitungan ulang hasil pemilihan kepala dareha kabupaten Lamongan ini, dilakukan selama empat hari. Mulai tanggal 5 hingga 9 juli mendatang. Perhitungan dilakukan di satu tempat yakni di gedung olah raga lamongan.


Pelaksanaan hitungulang hasil pemilu kepala daerah Lamongan ini, dilaksanakan atas dasar putusan mahkamah konstitusi (MK) yang memenangkan gugatan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 4, Suhandoyo dan Kartika Hidayati.


Suhandoyo dan Kartika Hidayati melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi, lantaran Komisi Pemilihan Umum kabupaten Lamongan, tidak mengesahkan surat suara yang dicoblos tembus. Padahal pada pemilihan persiden dan legeslatif lalu, coblos tembus asal tidak mengenai calon lain dinyatakan sah.


Untuk melakukan hitung ulang ini, KPUK Lamongan telah menyiapkan miniatur tempat pemungutan suara. Perhitungan dilakukan layaknya baru saja dilakukan pencoblosan. “Perhitungan hari ini menggunakan sistim blok, satu blok untuk satu kecamatan, dan sistim ini merukana hasil kesepakatan dengan tim sukses”, jelas Huda.


sementara itu Mustakim Khoiron, ketua panitia pengawas pemilu kabupaten lamongan menemukan sejumlah kotak suara yang tidak bersegel dan tidak disertai kunci sehingga dibongkar paksa sebelum pelaksanaan hitung ulang. untuk temuan tersebut, panwas setempat akan berkoordinasi dengan komisi pemilihan umum.”temuan tersebut akan kami koordinasikan dengan KPU setelah perhitungan hari ini”, ujar mustakim.


Sebelum calon bupati dan wakil bupati dengan nomor urut 4 mengajukan gugatan ke mahkamah konstitusi, KPUK lamongan menetapkan calon bupati dan wakil bupati dengan nomor urut tiga, Fadeli Hasan dan Amar Syaifudin sebagai pemenang dengan memperoleh 40,99 persen suara. Disusul pasangan dengan nomor urut 4 dengan perolehan 38 persen suara. Sementara perhitungan ulang ini dijaga oleh seribu lebih personel polisi, ,TNI, Brimob serta sejumlah satuan k-9.(ahp)



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Topik Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger