Selamat datang di Laman Topik Hari Ini

Hari Kebangkitan Nasional, Soekarwo Nyekar ke Makam dr Soetomo

Kamis, Mei 20, 20100 komentar

Surabaya - Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Gubernur Jawa Timur Soekarwo nyekar ke makam bapak kebangkitan nasional, dr Soetomo. Makam pahlawan nasional itu terletak di Jalan Bubutan. Soekarwo tidak datang sendiri, orang nomor satu di Jatim itu ditemani beberapa para pejabat lain.

"Menurut buku yang judulnya turning point, negara yang bagus adalah negara yang basisnya etika, moral dan budaya bangsa," kata Soekarwo kepada wartawan usai nyekar di makam dr Soetomo, Jalan Bubutan, Kamis (20/5/2010).

Soekarwo menambahkan bahwa mengapa bangsa Jepang, Cina dan Korea sangat kukuh dengan budayanya, karena bangsa-bangsa itu telah menumbuhkan achievement percaya diri dan kebanggan sebagai bangsanya sendiri. Bangsa Indonesia sebenarnya sudah bangga sebagai bangsa Indonesia, tetapi rasa kebanggaan itu biasanya diganggu rasa keadilan.

"Diganggu oleh rasa keadilan, bukan kesejahteraan," tutur Soekarwo.

Sebelum tabur bunga digelar, sang pembawa acara terlebih dahulu membacakan tentang sejarah singkat kelahiran dan perjuangan dr Soetomo. Soetomo kecil lahir pada tahun 1888 dan meninggalnya di tahun 1938.

Selain ditetapkan sebagai pahlawan nasional, nama dr Soetomo juga mendapat penghormatan digunakan sebagai nama jalan dan nama rumah sakit terbesar di Indonesia bagian Timur, RSU dr Soetomo.

Selain Soekarwo, pejabat lain yang hadir antara lain, Wakapolda Jatim, Brigjen Polisi Robert Aritonang, Wakil Gubernur AL Brigjen Baharudin, Wakil Komandan Kobangdikal Brigjen Ferry Kunto, Kasdam V Brawijaya Brigjen Leo Siegers, Dirpolair Polda Jatim, Kombespol Anang S Hidayat dan beberapa pejabat lainnya. (iwd/wln)



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Topik Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger